Sabtu, 01 Januari 2011

RPP


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs  MA’ARIF GARUNG


Mata Pelajaran   
:
IPA (Fisika)
Kelas/Semester      
:
VII/1
Standar Kompetensi

:
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar

:
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
Indikator

:
• Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari, kemudian mengelompokkannya ke dalam besaran pokok dan turunan
• Menggunakan satuan sistem internasional dalam pengukuran
• Mengonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana
Alokasi Waktu             

:
2 x 40 menit (1 x pertemuan)
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, diharapkan kamu mampu
• mengidentifikasi besaran-besaran fisika;
• mengelompokkan besaran fisika ke dalam besaran pokok dan besaran turunan;
• menggunakan satuan internasional dalam pengukuran;
• mengonversi satuan panjang, massa, dan waktu.

II. Materi Pembelajaran
Besaran Pokok dan Besaran Turunan

III. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran, diteruskan dengan tanya jawab mengungkap kembali pengetahuan awal siswa tentang besaran dan satuan.
Kegiatan Inti
• Melakukan diskusi kelas menyebutkan besaran fisika dan mengelompokkannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan.
• Melakukan diskusi kelas untuk menggunakan satuan fisika dalam sistem internasional.
• Melakukan tanya jawab, mengonversi besaran-besaran panjang, massa, dan waktu.
• Melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang terkait dengan besaran dan satuan.
• Mengadakan kuis tertulis dengan cara lisan untuk mengetahui pemahaman materi yang telah dipelajari.
Kegiatan Akhir
Dengan cara tanya jawab, guru menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi Besaran Pokok dan Besaran Turunan, diteruskan dengan memberi tugas mandiri, tugas membaca dan memahami materi berikutnya.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat/Bahan
Macam-macam alat ukur panjang, termometer, dan macam-macam neraca
Sumber
Buku-buku yang relevan dengan materi
Sarana/Media
OHP, papan tulis, chart, model
VI. Penilaian
• Pengamatan: keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran, menjawab pertanyaan proses tanya jawab/diskusi.
• Pengamatan: sikap, minat, dan tingkah laku siswa.
• Tugas
Catatan
Jawaban dapat langsung dikoreksi oleh teman sebangku, kemudian nilai dapat langsung dimasukkan dalam daftar nilai dengan cara menyebutkan nilai secara lisan.


Garung,…………………………2010



Mengetahui,
Kepala Madrasah,




Guru Bidang Studi
IPA Fisika



komariyah
NIP.




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs  MA’ARIF GARUNG


Mata Pelajaran   
:
IPA (Fisika)
Kelas/Semester      
:
VII/1
Standar Kompetensi

:
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari bendabenda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
Indikator

:
• Mendeskripsikan pengertian suhu
• Mengemukakan alasan mengapa indra peraba tidak dapat digunakan sebagai alat pengukur suhu
• Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
• Membandingkan skala termometer Celsius dengan skala termometer yang lain
Alokasi Waktu             

:
2 x 40 menit (1 x pertemuan)
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, diharapkan kamu mampu
• mendeskripsikan pengertian suhu;
• mengemukakan alasan mengapa indra peraba tidak dapat digunakan sebagai alat pengukur suhu;
• menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat;
• membandingkan skala termometer Celsius dengan skala termometer yang lain.

II. Materi Pembelajaran
Suhu dan Pengukurannya

III. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran, diteruskan dengan pemberian kuis tertulis tentang pelajaran yang lalu dan pelajaran yang akan diberikan.
Kegiatan Inti
• Mengamati demonstrasi cara menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu zat (gas, cair, padat), disertai tanya jawab.
• Melakukan tanya jawab tentang macam-macam termometer dan penggunaannya.
• Melakukan diskusi kelas, membandingkan skala termometer Celcius dengan termometer Fahrenheit dan Reamur.
• Melakukan diskusi kelompok memecahkan masalah yang berkaitan dengan suhu dan pengukuran.
• Mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan.
Kegiatan Akhir
Dengan cara tanya jawab, guru menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi Suhu dan Pengukurannya, diteruskan dengan memberi tugas mandiri, tugas membaca dan memahami materi berikutnya.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat/Bahan
Macam-macam termometer, pemanas, gelas beker, air, kaki tiga, kasa
Sumber
Buku- buku yang relevan dengan materi
Sarana/Media
OHP, papan tulis, chart, model

VI. Penilaian
• Kuis
• Pengamatan: keaktifan menjawab pertanyaan dalam proses tanya jawab/ diskusi.
• Pengamatan: sikap, minat, dan tingkah laku siswa.
• Tugas


Garung,…………………………2010



Mengetahui,
Kepala Madrasah,




Guru Bidang Studi
IPA Fisika



komariyah
NIP.




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs  MA’ARIF GARUNG


Mata Pelajaran   
:
IPA (Fisika)
Kelas/Semester      
:
VII/1
Standar Kompetensi

:
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari bendabenda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
Indikator
:
• Membuat termometer sederhana berskala berdasarkan sifat perubahan volume
Alokasi Waktu             

:
2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, diharapkan kamu mampu
• membuat termometer sederhana berskala berdasarkan sifat perubahan volume.

II. Materi Pembelajaran
Suhu dan Pengukurannya

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen dan diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran, diteruskan dengan tanya jawab tentang suhu dan pengukuran
Kegiatan Inti
• Melakukan eksperimen/percobaan cara membuat termometer sederhana berdasarkan sifat perubahan volume.
• Mempresentasikan hasil percobaan kelompok di depan kelas diteruskan dengan diskusi kelas.
Kegiatan Akhir
Dengan cara tanya jawab, guru menyimpulkan dan memberi penekanan pada hasil percobaan yang dilakukan siswa, diteruskan dengan pemberian tugas membaca dan memahami materi berikutnya.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat/Bahan
Gelas labu, sumbat karet, pipa kaca, termometer, air, pemanas, kaki tiga, kasa, penggaris
Sumber
Buku-buku yang relevan dengan materi
Sarana/Media
Peralatan laboratorium dan OHP

VI. Penilaian
• Pengamatan: kinerja keterampilan dalam melakukan percobaan.
• Pengamatan: sikap, minat, dan tingkah laku siswa.
• Laporan hasil percobaan.
• Tugas
Contoh Soal Kuis
1. Termometer dibuat berdasarkan konsep pemuaian zat cair, benar atau salah?
2. Tiap termometer memiliki titik tetap bawah dan titik tetap atas yang sama, benar atau salah?
3. Termometer Celsius, Fahrenheit, dan Reamur menjadikan es mencair sebagai titik tetap bawah, benar atau salah?
4. Perbandingan skala antara termometer Celsius, Reamur, dan Fahrenheit adalah ....

Jawaban Kuis
1. Betul                   3. Tidak
2. Tidak                  4. 5: 4 : 9



Garung,…………………………2010



Mengetahui,
Kepala Madrasah,




Guru Bidang Studi
IPA Fisika



komariyah
NIP.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar